Cara kerja kondom sebagai alat KB
Kondom merupakan metode KB 'penghalang'. Alat kontrasepsi ini mencegah kehamilan dengan menangkap air mani, sehingga sperma tidak bisa masuk ke rahim.
Selain untuk mencegah kehamilan, kondom juga dapat menurunkan risiko penyakit menular seksual (PMS), termasuk herpes simplex virus (HSV) dan human immunodeficiency virus (HIV).
Penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi memang bisa mencegah kehamilan. Tapi, tidak ada metode kontrasepsi yang berhasil 100 persen mencegah kehamilan dan melindungi dari PMS.
Selain itu, bila muncul alergi atau efek samping penggunaan produk, seperti alergi lateks, sebaiknya hentikan penggunaan kondom. Bila masih ragu untuk menggunakan kontrasepsi, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter.
Berikut telah Bubun rangkum 7 rekomendasi kondom beserta detail produk dan harganya. Catat ya, Bunda!
Kondom Sensitif Vivo Ultra Thin
Alat kontrasepsi ini dapat digunakan untuk pasangan suami istri yang sedang menunda punya momongan nih. Bahan kondom terbuat dari lateks tipis dan memiliki tingkat sensitivitas tinggi.
Kondom Sensitif Vivo Ultra Thin juga sudah berstandar internasional, sehingga aman digunakan saat berhubungan seksual.
Kondom ini dijual dengan kisaran Rp10.000 hingga Rp25.000 untuk isi 3 dalam satu pack.
Bunda, join program Pilihan Bunda yuk, dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
● Kunjungi laman survei Pilihan Bunda di SINI● Login atau buat akun MPC terlebih dahulu● Isi survei Pilihan Bunda sampai selesai● Klik tombol 'Kirim'
Dengan mengisi survei sampai selesai, 3 Bunda terpilih akan mendapat hadiah masing-masing Rp500 ribu. Bagi 100 Bunda yang beruntung akan mendapat hadiah juga berupa saldo Allo Bank masing-masing senilai Rp50 ribu.
Tunggu apa lagi, Bunda? Buruan isi survei Pilihan Bunda di SINI.
Honey, Let's Make a Baby, Istri Desa Hamil(Bahasa Indonesia) Nương Tử Nhà Nông Có Tin Vui(Tiếng việt) 农家娘子有喜了
FanCiYuan,Fanciyuan Cultural,Nuò dòngmàn gōngzuò shì
Chinese , Manhua , Josei(W) , Shoujo(G) , Adventure , Comedy , Drama , Fantasy , Historical , Romance , Slice of Life , Transmigration
Korean , Cartoon , Comic , Manhwa , Webtoon , Josei(W) , Shoujo(G) , Adult , Mature , Cheating/Infidelity , Crime , Drama , Fantasy , Full Color , Historical , Psychological , Romance , Tragedy
Gangguan fungsi jantung
Jantung juga akan ikut bermasalah ketika tipes tidak kunjung ditangani dengan baik.
Sakit tipes yang tak segera ditangani dapat juga menyebabkan miokarditis (peradangan otot jantung), endokarditis (peradangan dinding jantung), hingga gagal jantung akut.
Ciri tipes yang sudah parah ini biasanya akan membuat penderitanya mengalami kondisi seperti:
Jika Anda mengalami berbagai gejala tersebut, sebaiknya jangan menunda untuk ke dokter. Pengobatan tipes memang cenderung mudah dan tak rumit, namun hal ini terjadi jika tipes ditemukan di awal.
Maka itu, bila Anda mengalami gejala apapun, sebaiknya jangan acuhkan gejala tersebut, meski gejala ringan sekalipun.
Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda lebih lanjut.
Roger Langridge / , Katie Cook, Colleen Coover / , Nate Cosby, Chris Eliopoulos, Francesco Francavilla, Justin Gray / , Marjorie M. Liu / , Ron Marz, Jim McCann, Jimmy Palmiotti, Jeff Parker, Paul Tobin / , Tom Fowler, Janet Lee, Mike Maihack / , Stanley "Artgerm" Lau, Janet K. Lee (Illustrations), Jennifer L. Meyer
Comic , Shounen(B) , Anthology , Fantasy , Historical , Magic
John Rawls lahir pada 21 Februari 1921 di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Rawls adalah filsuf dari Amerika Serikat yang terkenal pada abad ke-20 di dalam bidang filsafat politik. Bukunya yang berjudul “A Theory of Justice” merupakan salah satu teks primer di dalam filsafat politik. Rawls belajar di Universitas Princeton serta mengajar di Universitas Cornell dan Universitas Harvard.
Keadilan umumnya dipahami dalam dua kategori, yakni: ganjaran dan sebaran. Pertama, keadilan dalam kategori ganjaran dalam Bahasa hokum formal dikenal sebagai keadilan retributif, yang memiliki kaitan dengan hukuman yang ditimpakan kepada seseeorang atas pelanggaran hukum yang dilakukannya. Hal ini adalah ranah kajian para sarjana hukum; Kedua, keadilan yang sifatnya sebaran atau umum dikenal sebagai keadilan distributive, yang membicarakan mekanisme atau prosedur pembagian atau sebaran sesuatu, baik yang sifatnya tangible (seperti makanan), maupun yang intangible (seperti otoritas) (Tarigan, 2018, p. XVII).
Kemudian, penulis meneliti lebih dalam bahwa Rawls mengkaji konsep keadilan jauh ke belakang sampai dengan gagasan Aristoteles dalam ‘Nicomachean Ethics.’ Dengan merujuk kepada gagasan Aristoteles, Rawls memformulasikan kalimat yang lebih gambling bahwa keadilan dalam pengertian Aristoteles adalah keutamaan di dalam diri seseorang untuk memberikan kepada dirinya dan kepada orang lain sesuai dengan apa yang seharusnya, tidak berlebihan dan tidak berkekurangan: pas.
Di dalam buku “Tumpuan Keadilan Rawls” fokus tulisannya adalah mengenai keadilan sebaran, bukan mengkaji persoalan keadilan ganjaran. Dengan mengadopsi pemikiran Rawls dalam “Theory of Justice” buku ini membicarakan tentang keadilan social yang disebut sebagai ‘struktur dasar masyarakat.’
Pada bab 2 “Mengurai Kontrak Sosial,” penulis memahami bahwa Rawls mendasarkan pemikirannya dengan menganalisa permasalahan mendasar dan merekonsiliasikan antara prinsip kebebasan dan prinsip persamaan (Tarigan, 2018, p. 60). Rawls menyadari bahwa karyanya tersebut memiliki kesamaan pemikiran dengan tradisi kontrak sosial (social contract) yang pada awalnya diusung oleh pemikir kenamaan, seperti John Locke, Jean Jacques Rousseau, dan Immanuel Kant. Namun demikian, gagasan kontrak sosial yang diusung oleh Rawls sedikit berbeda dengan para pendahulunya, bahkan merevitalisasi kembali teori-teori kontrak klasik yang bersifat utilitarianistik dan intuisionistik (Faiz, 2009).
Dalam hal ini, kaum utilitarian mengusung konsep keadilan sebagai keadaan di mana masyarakat dapat memperoleh kebaikan dan kebahagiaan secara sama rata. Rawls berpendapat bahwa keadilan adalah kebajikan utama dari hadirnya institusi-institusi sosial (social institutions). Akan tetapi, menurutnya, kebaikan bagi seluruh masyarakat tidak dapat mengesampingkan atau mengganggu rasa keadilan dari setiap orang yang telah memperoleh rasa keadilan, khususnya masyarakat lemah. Oleh karena itu, sebagian kalangan menilai cara pandang Rawls sebagai perspektif “liberal-egalitarian of social justice” (Faiz, 2009).
Secara spesifik, Rawls mengembangkan gagasan mengenai prinsip-prinsip keadilan dengan menggunakan sepenuhnya konsep ciptaannya yang dikenal dengan “posisi asali” (original position) dan “selubung ketidaktahuan” (veil of ignorance). Rawls berusaha untuk memosisikan adanya situasi yang sama dan setara antara tiap-tiap orang di dalam masyarakat serta tidak ada pihak yang memiliki posisi lebih tinggi antara satu dengan yang lainnya, seperti misalnya kedudukan, status sosial, tingkat kecerdasan, kemampuan, kekuatan, dan lain sebagainya. Sehingga, orang-orang tersebut dapat melakukan kesepakatan dengan pihak lainnya secara seimbang (Faiz, 2009).
Kondisi demikianlah yang dimaksud oleh Rawls sebagai “posisi asali” yang bertumpu pada pengertian ekulibrium reflektif dengan didasari oleh ciri rasionalitas (rationality), kebebasan (freedom), dan persamaan (equality) guna mengatur struktur dasar masyarakat (basic structure of society). Hipotesa Rawls yang tanpa rekam historis tersebut sebenarnya hampir serupa dengan apa yang dikemukakan oleh Thomas Nagel sebagai “pandangan tidak dari manapun (the view from nowhere), hanya saja dirinya lebih menekankan pada versi yang sangat abstrak dari “the State of Nature” (Faiz, 2009).
Sementara itu, konsep “selubung ketidaktahuan” diterjemahkan oleh Rawls bahwa setiap orang dihadapkan pada tertutupnya seluruh fakta dan keadaan tentang dirinya sendiri, termasuk terhadap posisi sosial dan doktrin tertentu, sehingga membutakan adanya konsep atau pengetahuan tentang keadilan yang tengah berkembang (Faiz, 2009).
Melalui dua teori tersebut, Rawls mencoba menggiring masyarakat untuk memperoleh prinsip kesamaan yang adil. Itulah sebabnya Rawls menyebut teorinya tersebut sebagai “justice as fairness” (Faiz, 2009).
Rawls menjelaskan bahwa para pihak di dalam posisi asali masing-masing akan mengadopsi dua prinsip keadilan utama. Pertama, setiap orang memiliki hak yang sama atas kebebasan-kebebasan dasar yang paling luas dan kompatibel dengan kebebasan-kebebasan sejenis bagi orang lain. Kedua, ketidaksamaan sosial dan ekonomi diatur sedemikian rupa, sehingga: (a) diperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi anggota masyarakat yang paling tidak diuntungkan, dan (b) jabatan-jabatan dan posisi-posisi harus dibuka bagi semua orang dalam keadaan dimana adanya persamaan kesempatan yang adil (Faiz, 2009).
Prinsip pertama tersebut dikenal dengan “prinsip kebebasan yang sama” (equal liberty principle), seperti misalnya kemerdekaan berpolitik (political of liberty), kebebasan berpendapat dan mengemukakan ekspresi (freedom of speech and expression), serta kebebasan beragama (freedom of religion). Sedangkan prinsip kedua bagian (a) disebut dengan “prinsip perbedaan” (difference principle) dan pada bagian (b) dinamakan dengan “prinsip persamaan kesempatan” (equal opportunity principle) (Faiz, 2009).
“Prinsip perbedaan” pada bagian (a) berangkat dari prinsip ketidaksamaan yang dapat dibenarkan melalui kebijaksanaan terkontrol sepanjang menguntungkan kelompok masyarakat yang lemah. Sementara itu prinsip persamaan kesempatan yang terkandung pada bagian (b) tidak hanya memerlukan adanya prinsip kualitas kemampuan semata, namun juga adanya dasar kemauan dan kebutuhan dari kualitas tersebut. Sehingga dengan kata lain, ketidaksamaan kesempatan akibat adanya perbedaan kualitas kemampuan, kemauan, dan kebutuhan dapat dipandang sebagai suatu nilai yang adil berdasarkan persepktif Rawls. Selain itu, prinsip pertama memerlukan persamaan atas hak dan kewajiban dasar, sementara pada prinsip kedua berpijak dari hadirnya kondisi ketimpangan sosial dan ekonomi yang kemudian dalam mencapai nilai-nilai keadilan dapat diperkenankan jika memberikan manfaat bagi setiap orang, khususnya terhadap kelompok masyarakat yang kurang beruntung (the least advantage) (Faiz, 2009).
Dalam kaitannya dengan prinsip-prinsip tersebut, Rawls meneguhkan adanya aturan prioritas ketika antara prinsip satu dengan lainnya saling berhadapan. Jika terdapat konflik di antara prinsip-prinsip tersebut, prinsip pertama haruslah ditempatkan di atas prinsip kedua, sedangkan prinsip kedua (b) harus diutamakan dari prinsip kedua (a). Dengan demikian, untuk mewujudkan masyarakat yang adil Rawls berusaha untuk memosisikan kebebasan akan hak-hak dasar sebagai nilai yang tertinggi dan kemudian harus diikuti dengan adanya jaminan kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk menduduki jabatan atau posisi tertentu. Pada akhirnya, Rawls juga menisbatkan bahwa adanya pembedaan tertentu juga dapat diterima sepanjang meningkatkan atau membawa manfaat terbesar bagi orang-orang yang paling tidak beruntung (Faiz, 2009).
Selain menerima pujian atas mahakaryanya “Theory of Justice,” Rawls pun menerima banyak kritikan, yakni dari Robert Nozick dan Michael Sandel. Nozick menyampaikan kritik bahwa keadilan adalah soal penghargaan yang tinggi terhadap hak-hak alami yang dimiliki masing-masing orang yang menjadi bagian dari masyarakat. Setiap orang karenanya memiliki kebebasan dan otonomi untuk memutuskan soal kepemilikannya. Akan tetapi, Nozick juga mengajukan suatu nilai yang dianggap lebih tinggi dan harus diusahakan dalam suatu masyarakat. Hal ini yang oleh Sandel juga menjadi pertanyaan terhadap Rawls, “Jika moralitas tidak dapat dilepaskan dari tindakan manusia dan prinsip-prinsip keadilan adalah pertimbangan moral untuk mengatur bagaimana satu sama lain data membentuk suatu kesepakatan yang adil, bukankah prinsip-prinsip keadilan dengan itu tidak dapat dilepaskan dari tindakan manusia dengan segala nilai yang mengikutinya? Mungkinkah persoalan moralitas terlepas dari akar realitas kehidupan manusia sehari-hari?” (Tarigan, 2018, p. 178)
Dari perdebatan Sandel dan Rawls dapat dilihat bahwa pokok utama yang menjadi garis pemisah antara keduanya adalah dalam menggagas perihal keadilan. Rawls mengajukan posisi asali sebagai syarat transedental pada tingkat esensi. Menurut Sandel, jika subjek yang dibicarakan Rawls adalah soal manusia yang ingin membangun kesepakatan yang adil maka titik berangkatnya adalah eksistensi manusia berakar dalam masyarakat.
Sesuai dengan pertanyaan pada judul buku ini “Hidup Bersama Seperti Apa yang Kita Inginkan?,” maka buku ini menjawab bahwa utilitarianisme adalah jawaban atas hidup bersama ini. Utilitarianisme sudah merasuki sendi-sendi kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi, Rawls belum mampu menjawab secara memuaskan tentang hak-hak dasar dan kebebasan warga negara sebagai manusia yang bebas dan setara. Untuk kemudian Rawls menolak utilitarianisme, karena tidak dapat dijadikan gagasan penerang untuk menjelaskan persoalan keadilan sosial.
Rawls kemudian mengajukan dua pertanyaan mendasar: (1) Prinsip-prinsip apa yang akan kita sepakati dalam suatu situasi awal kesetaraan, guna membangun kesepakatan awal tentang kesetaraan; (2) Untuk menjawabnya Rawls menggagas kontrak hipotesis (hypothetical contract) di mana pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak tersebut dipastikan menyepakati dua prinsip keadilan. Kedua prinsip keadilan tersebut adalah prinsip kebebasan yang sama dan prinsip persamaan sosial dan ekonomi. Kepastian itu diyakini oleh Rawls karena pihak-pihak yang terkait di dalam kontrak tersebut telah sedemikain rupa dikondisikan dalam selubung ketidaktahuan.
Kemudian, bagaimana konsep “Theory of Justice” Rawls dapat diimplementasikan di era digital? Dalam dunia yang semakin terotomatisasi dan terkomersialisasi, persoalan keadilan menuntut kajian lebih mendalam. Bahwa orang yang tidak memiliki akses terhadap teknologi dan modal akan tersingkir, dan hal inilah persoalan ketidaksetaraan semakin tajam. Cara berpikir tansedental yang diajukan Rawls dalam gagasan posisi asali kiranya dapat digunakan untuk menjawab permasalahan manusia kekinian mengenai keadilan (Tarigan, 2018, p. 191).
Kondom menjadi salah satu alat KB pilihan suami istri yang ingin menunda kehamilan. Kondom dirancang untuk menghentikan sperma bertemu sel telur saat berhubungan seksual, Bunda.
Dalam pilihan alat KB, kondom termasuk jenis kontrasepsi non-hormonal. Saat ini, produk kondom yang paling banyak dijual dan digunakan adalah untuk pria.
Kondom terbuat dari bahan lateks yang sangat tipis dan elastis. Beberapa produk kondom memiliki fitur tambahan, seperti pelumas yang diklaim bisa meningkatkan performa saat berhubungan seksual, Bunda.
Seperti apa sosok Yesus yang sebenarnya?
Sumber gambar, Thinkstock
Setiap orang mengetahui seperti apa sosok Yesus. Dia merupakan figur yang paling banyak dilukis dalam semua bidang seni di negara-negara Barat, dikenal dengan rambut, janggut, dan jubah berlengan panjang, yang sering kali berwarna putih dan mantel berwarna biru.
Tetapi apakah sosok dia memang seperti itu? Bisa jadi tidak.
Faktanya dengan gambar Yesus yang sangat terkenal ini sebenarnya berasal dari era Bizantium, dari abad ke-4 Masehi, dan gambaran Yesus dari masa ini bersifat simbolik, semuanya mengenai makna, tidak akurat secara historis.
Mereka berpegang pada gambar dari tahta kekaisaran, seperti yang kita lihat di mosaik altar di Gereja Santa Pudenziana di Roma.
Yesus menggunakan pakaian toga berwarna emas.
Dia merupakan penguasa surgawi yang menguasai seluruh dunia, sosoknya sangat akrab mulai dari patung terkenal dengan rambut panjang dan berjanggut seperti Dewa Zeus dari Olympia yang berada di tahta, sebuah patung yang juga terkenal yaitu Kaisar Roma Augustus telah meniru dirinya dengan gaya yang sama (tanpa rambut panjang berwarna keemasan dan janggut).
Seniman Bizantiun berupaya untuk menunjukkan Kristus penguasa surgawi sebagai raja kosmik, menjadikan dia sebagai Zeus versi muda. Apa yang terjadi pada saat visualisasi Kristus surgawi -saat ini seringkali dibuat ulang seperti keturunan hippie- telah menjadi model standar kita tentang penggambaran awal Yesus.
Jadi seperti apa sebenarnya sosok Yesus?
Mari kita lihat dari kepala sampai ujung kaki.
Gangguan pernapasan
Komplikasi lainnya yang bisa muncul dari tipes yang parah adalah masalah paru-paru.
Infeksi bakteri penyebab tipes dapat menyebabkan luka dan infeksi pada saluran pernapasan hingga menimbulkan pneumonia.
Biasanya, kondisi ini ditandai dengan gejala batuk-batuk yang parah.
Beberapa gejala pneumonia lainnya yaitu:
REKOMENDASI KONDOM: ADA AROMA DUTIAN HINGGA KOPI
7 Rekomendasi Kondom yang Bagus, Merek Apa?/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Kondom Fiesta Ultra Thin
Mengutip laman Fiesta Condoms, produk ini terbuat dari lateks alami dengan pelumas berbahan dasar air. Kelebihan kondom ini adalah bahannya lebih tipis dan lembut.
Kondom merek Fiesta ini disebut telah memenuhi standar internasional dan aman karena telah melewati berbagai tahapa uji tes dan sertifikasi Kementerian Kesehatan.
Harga jual produk ini sekitar Rp10.000 untuk isi 3 kondom. Alat kontrasepsi ini dijual bebas di pasaran, termasuk e-commerce.
Berbagai ciri tipes yang parah dan harus segera ditangani
Jika tidak segera mendapatkan pengobatan, diperkirakan 1 dari 5 orang bisa meninggal karena tipes.
Sementara yang bisa tetap hidup berisiko menderita beragam komplikasi fatal yang disebabkan tipes.
Saat gejala tipes sudah parah dan lebih serius, infeksi bisa menyebabkan usus mengalami perdarahan sehingga berlubang.
Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai perforasi usus. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan gejala seperti:
Perforasi usus dapat menyebabkan isi usus bocor ke rongga perut dan menimbulkan infeksi.
Rongga perut yang terinfeksi akan menyebabkan peritonitis, yang dapat mengakibatkan berbagai organ berhenti berfungsi. Kondisi ini termasuk gawat darurat medis dan dapat mengancam nyawa.
Langkah penanganan pertama kondisi ini biasanya berupa transfusi darah darurat, untuk menggantikan darah yang telah bocor sebelumnya.
Kondom Sutra Merah
Dikutip dari laman resmi DKT Indonesia, Sutra Merah diklaim 99 persen dapat mencegah kehamilan. Tapi, bila digunakan dengan benar ya, Bunda.
Produk ini juga sudah 100 persen lulus uji elektronis. Selain itu, kondom ini juga memiliki fitur ekstra halus dan ekstra pelumas.
Harga jual kondom ini berkisar antara Rp17.990 sampai Rp39.600. Bunda bisa membelinya di situs resminya di e-commerce atau swalayan.
Baca halaman berikutnya untuk tahu rekomendasi kondom lainnya ya, Bunda.
Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.
[Gambas:Video Haibunda]